Friday, January 4, 2013

HAKIKAT MANUSIA


Nama  : Regina Suci P.Y
NIM    : 11413244009
Hakikat Manusia
1.     Jelaskan kaitan  antara Hakikat Manusia dengan Sosiologi
2.     Jelaskan secara singkat unsur-unsur yang esensial dari masing-masing kelompok sendiri
3.     Urgensi/pentingnya mempelajari hakikat manusia dalam pendidikan
Jawaban
1.             Hakikat manusia adalah individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intlektual, yang mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
Sedangkan Sosiologi ilmu yang mempelajari tentang bagaiamana manusia   bersosialisasi dan bergaul dengan manusia lainnya serta hal-hal yang dihasilkan oleh manusia dari pergaulan itu,sosiologi juga diartikan sebagai ilmu kemasyarakatan yaitu ilmu yang mempelajari antra manusia bersama dengan sesamanya dalam masyarakat.
Jadi  kaitan antara hakikat manusia dengan sosiologi adalah sangat erat karena semua ilmu memiliki peran yang penting dengan ilmu lain,hakikat manusia sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana manusia itu sendiri, sedangkan sosiologi mempelajari ilmu tentang masyarakat yang di dalam nya berkaitan dengan manusia, hakikat manusia dan sosiologi sama-sama mempelajari tentang manusia dan masyarakat dan bagaimana manusia itu berinteraksi dengan manusia lain,menjadikan manusia itu hidup bermasyarakat.
2.     1.  Kesenian Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia
Kesenian dalam kehidupan manusia ikut mendidik manusia dan masyarakat menjadi beradab, agar kehidupan manusia menjadi lebih harmonis. Seni menjadikan manusia berbudi luhur.Sejarah telah mencatat akan prestasi-prestasi kesenian dalam peranannya membentuk sikap budi manusia.

2.     Kesenian Sebagai Kebutuhan hidup
Dalam istilah lainnya dapat diartikan sebagai seni terpakai atau applied art (diterapkan seni) seni yang digunakan atau, dipakai atau yang lebih tepat sebagai seni terapan. Seni ini diterapkan pada sesuatu maksud atau benda, menurut kegunaannya tanpa melepaskan segi keindahannya

3.     Kesenian untuk Kebahagiaan Seni
            Secara keseluruhan kesenian hanyalah ditujukan untuk kebahagiaan manusia, baik kebahagiaan manusia secara materi maupun spirituil. Kesenian diciptakan oleh manusia untuk melengkapi kebahagiaan manusia seluruhnya. seni mempunyai peranan dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hasrat mengungkapkan atau menyatakan perasaan pribadi mengenai aspek-aspek pokok kehidupan sehari-hari tentang kelahiran, cinta, perkawinan, iri hati, kematian dan lain-lainnya    

3.                Hakikat Manusia sangat penting dalam pendidikan , Manusia sebagai subjek dan objek pendidikan memiliki wujud hakikat yang kompleks yang menjadikannya berbeda dengan hewan, diantaranya sifatnya sebagai makhluk yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan hak dan kewajiban (makhluk sosial) serta sebagai makhluk yang bereksistensi, pendidikan sangat penting dalama hakikat manusia,karena hakikat manusia ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara berprilaku,mengontrol diri,mampu menentukan nasib nya, dan membutuhkan orang lain.    
Pendidikan adalah bagian dari kebudayaan yang tidak dapat dipisahkan.Pendidikan merupakan kegiatan yang bersifar universal.Praktek pelaksanaan pendidikan memiliki segi-segi yang umum sekaligus memiliki keunikan (ke-khasan) berkaitan dengan pandangan hidup masing-masing bangsa. manusia memerlukan Pendidikan demi mendapatkan perkembangan yang optimal sebagai manusia


0 comments:

Post a Comment